Ibadah Persatuan Wilayah II GPdI Kota Sorong Papua Barat Daya

 


Sorong Minggu 25 Februari 2024

Syukur kepada Tuhan kita boleh bisa berada di minggu terakhir di bulan februari ini, secara khusus Majelis Wilayah II GPdI Kota Sorong telah melakukan Ibadah Persatuan Wilayah perdana di tahun 2024 ini.
Tempat pelaksanaan ibadah Persatuan Wilayah II ini mengambil lokasi di GPdI EFATA Rufei yang tidak lain di tempatnya Ketua Majelis Daerah GPdI Papua Barat Daya (Pdt. Lukas Marani, S. Th).
Doa pembukaan dibawakan oleh: Pdt. Ayub Imbiri (Biro Misi)

Dalam ibadah ini juga ada yang mempersembahkan puji bagi Tuhan diantaranya puji-pujian dari:
- Seluruh Bapak dan Ibu Gembala Wilayah II GPdI Kota Sorong
- Seluruh Siswa-siswi Sekolah Alkitab Sorong
- TRIO PELPRIP GPdI Bukit Kalvari Pulau Doom

Selain pujian ada juga yang memberikan kesaksian secara pribadi yang disampaikan oleh: Bapak Jopi Raunsay, SE. Beliau menyampaikan bagaimana campur tangan Tuhan dalam peristiwa pesta demokrasi pada tanggal 14 Februari kemarin, beliau merasa bersyukur sebagai salah satu Calon Legislatif Kota dari Partai Demokrat Dapil satu terbilang memiliki suara yang cukup tinggi di dapil 1. beliau menyampaikan perhitungan suara yang saat ini sudah berada di tingkat Distrik dan nanti menunggu untuk Penetapan kiranya Tuhan buka jalan dan memberikan kemudahan.


Firman Tuhan dibawakan oleh Ketua Majelis Wilayah II GPdI Kota Sorong (Pdt. Corlinus Mayaut)
Tema Khotbah:
"MILIKI KARAKTER KRISTUS"
Karakter menurut Alkitab adalah menjalani hidup kita dihadapan Allah, takut hanya kepada Allah, dan berusaha hanya menyenangkan Tuhan, tidak perduli bagaimana perasaaan kita, atau apa yang mungkin akan dikatakan atau dilakukan orang lain.
Ayat firman Tuhan dalam
Matius 11:28-30
Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."
- kata letih lesu berarti adalah sebuah kelemahan, beban dan itu berarti kita perlu seorang penolong.
Karakter yang terbaik yang perlu kita tiru adalah tentu Yesus Kristus.
Beliau juga mengambil contoh tentang bagaimana sikap Yusuf yang mengalami penolakan yang begitu luar biasa dari sodara-sodaranya namun ada satu karakter yang baik yang Yusuf lakukan terhadap sodara-sodaranya yaitu tidak mendendam, dan tidak membalas.

Kejadian 45:4-5
Lalu kata Yusuf kepada saudara-saudaranya itu: "Marilah dekat-dekat." Maka mendekatlah mereka. Katanya lagi: "Akulah Yusuf, saudaramu, yang kamu jual ke Mesir.
Tetapi sekarang, janganlah bersusah hati dan janganlah menyesali diri, karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu.

Bagaimana supaya kita memiliki karakter Kristus ditengah dunia yang luar biasa jahatnya di hari-hari ini..?
2 Timotius 3:1-5
Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. 
Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, 
tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,
suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.
Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!

-  Membangun karakter ialah “mengukir nilai/prinsip kebenaran Allah atau mengoreskan/menandai diri dengan praktik hidup benar berdasarkan Alkitab.

-  Secara sederhana karakter adalah: “Melakukan apa yang benar karena hal itu benar. Orang yang berkarakter adalah orang yang melakukan apa yang benar karena alasan yang benar“. Karakter adalah tentang siapa kita, atau ada yang mengatakan tentang diri kita terbuat dari apa.

-  Karakter-Karakter terbaik yang harus kita miliki menurut Alkitab ialah: Kerendahan hati, kesabaran, pengendalian diri, murah hati, sederhana, tahan uji, sukacita, pendamai


Doa selesai Firman Tuhan: Pdt. Seltianus Aroi, S. Th (Penasehat MD)
Lalu dilanjutkan dengan beberapa penyampaian dari:
- MD GPdI Papua Barat Daya disampaikan oleh Sekretaris MD Pdt. Jopie Kalangi, M. Th, beberapa hal penting yang disampaikan diantaranya adalah:
1. Terkait Ibadah Paskah Akbar bersama pada bulan April 
2. Terkait juga dengan akan diadakannya Pesta Rohani Perkemahan yang melibatkan 4 Komisi Daerah yaitu. PELPAP, PELRAP, PELAHT, dan PELMAP

Lalu penyampaian informasi kegiatan Wilayah II GPdI Kota Sorong dari:
Sekretaris Majelis Wilayah II (Pdt. Rommy Randang), diantaranya adalah:
- Kegiatan ibadah Persatuan Wilayah II yang sudah disepakati dalam MUKERWIL
- Dan yang kedua ialah kegiatan ibadah dari setiap komisi-komisi wilayah II yang diharapkan supaya sudah bisa memasukkan jadwal masing-masing komisi wilayah II.

- Doa penutup di bawakan oleh (Pdt. Jopie Kalangi, M. Th) selaku Sekretaris MD GPdI Papua Barat Daya
- Doa makan bersama/jamuan kasih (Pdt. Rommy Randang Sektretaris Majelis Wilayah II GPdI Kota Sorong)

Tuhan Yesus Memberkati..!!

Posting Komentar

0 Komentar